PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

Moch. Hari Purwidiantoro, Dany Fajar Kristanto SW, Widiyanto Hadi

Sari


Salah satu teknologi internet yang sedang berkembang pesat dan sangat berpotensi untuk mendorong pemasaran UKM adalah media sosial. Media sosial memiliki potensi menghubungkan banyak orang dengan mudah dan gratis. Contoh-contoh media sosial yang berkembang saat ini adalah : twitter, facebook, myspace, youtube, instagram, path, whatsapp, line, dll. Subyek dalam penelitian ini adalah pemilik, pengelola dan karyawan UKM dengan jenis usaha jasa, dagang atau industri. Bidang usaha pada penelitian ini di antaranya industri atau dagang makanan, jasa event organiser, jasa atau dagang property, dagang atau industri konveksi, dagang atau industri kerajinan, jasa travel agent dan transportasi. Seluruh UKM yang dijadikan subyek pada penelitian ini telah mengimplementasikan media sosial sebagai media informasi dan komunikasi perusahaan. Sebagian besar UKM memanfaatkan berbagai jenis media sosial untuk memasarkan dan mengiklankan produk barang dagang dan jasa perusahaan. Hampir seluruh UKM menggunakan media sosial Facebook, twitter dan instagram untuk menampilkan profil perusahaan dan galeri produk perusahaan. Penelitian ini menyimpulkan media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook, Twitter dan Instagram dan penggunaan media sosial dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 100% apabila perusahaann melakukan update informasi secara konsisten melalui media sosial setiap hari.

Kata kunci :  media sosial, UKM, penjualan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alam, S.S., Noor, M.K.M., 2009. International Journal Of Business and Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Carter, J., 2014. Social Media Strategies in Small Business. Manchester: Manchester Metropolitan University

Chaterina Intan(2012). The Effect Of Customer Engagement In The Social Media Towards Trust (Study To Facebook Sunsilk Indonesia) (Skripsi,Universitas Indonesia, 2013, diterbitkan )

Edomwan, S., Prakasan, S.K., Kouame, D., Watson, J., Seymour, T., 2011. The History of Social Media and Its Impact on Business. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 16 (3), pp. 1-13.

Evans, Dave, 2008. Social Media Marketing An Hour A Day, Canada: Wiley Publishing, Inc

Evans, Dave. (2010). Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana

Fandy Tjiptono, (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI Offset

Faraz Farooq, Zohaib Jan ,(2012) The Impact of Social Networking to Influence Marketing through Product Reviews , Emerald Group Publishing Limited ISSN 2223-4985

Gurnelius, Susan, 2011, 30-minute Sosial Media Marketing, United States: McGraw-Hill Companies

Husein Umar. (2000). Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Merril, T., Latham, K., Santalesa, R., Navetta, D., 2011. Social Media: The business benefit may be enermous, but can the risks-reputation, legal, operational-be mitigated? Information Law Group, Apr. p. 1-12.

Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia Pacific Public Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.

Puntoadi, Danis (2011) Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Puntoadi, Danis, 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, PT Elex Komputindo, Jakarta

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Bina Aksara

Tuten, Tracy (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World, Greenwood Publishing Group

Zarrella, Dan, 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.