MENGUJI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA PRODUK MIE INSTAN INDOMIE DI YOGYAKARTA

Septi Kurnia Prastiwi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menujii faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi repurchase intention: 1) quality, 2)  satisfaction, 3)  brand loyalty, 4) brand awareness, 5) brand equity  dan 6) brand association. Enam  variabel independen tersebut diduga dapat berpengaruh terhadap repurchase intention. 

                Penelitian ini menggunakan desain descriptive dan metode survey dengan populasi pelanggan  mie instan Indomie di Yogyakarta. Dengan sampel sebanyak 150 responden, dengan metode pengambilan sampel, purposive sample, kuisioner dengan 26 indikator pertanyaan. Hasil uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik mendukung untuk melanjutkan penelitian. Analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16, mendapatkan hasil bahwa variabel quality, brand loyalty dan brand association saja yang dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap  variabel dependen repurchase intention, sementara variabel yang lain satisfaction, brand awareness dan brand equity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention. Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen yang puas, memiliki kesadaran merek dan ekuitas terhadap merek belum tentu akan mempunyai niat untuk membeli produk kembali.

 

Kata kunci : quality, loyalty, brand awareness, brand association, brand equity, repurchase intention


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, David. 1991.Managing Brand equity; Capitalizing on the Value of Brand Name. Free Press, New York

Ayu ,Y.S.P.; dan Budhi Haryanto. 2009. Pengaruh Perceived Quality, Perceived Value, Brand Preference, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyalty pada Repurchase intention. Jurnal Bisnis & Manajemen. Vol.9 No.1, Hal. 75-90.

Bowen, T John dan Shiang-Lih Chen. 2001. The relationship between customer loyalty and customer satisfaction. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol: 13, No. 5, Hal. 213

Donald R. Cooper dan Pamela S Sehindler. 2006. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Media Global Edukasi.

Espejel Joel, Carmina Fandos dan Carlos Flavia´n.2007. The role of intrinsic and extrinsic quality attributes on consumer behaviour for traditional food products. Spain Managing Service Quality. Vol. 17 No. 6.

Espejel Joel, Carmina Fandos dan Carlos Flavia´n. 2009. The influence of consumer involvement on quality signas perception. British Food Journal .Vol. 111 No. 11, hal. 1212-1236.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.