Augmented Reality Kampanye Bahaya Merokok Berbasis Android

Kapti Kapti, Wahyu Priyoatmoko

Sari


Merokok merupakan rutinitas sebagian masyarakat, baik di rumah maupun di tempat umum. Sedangkan di STMIK Bina Patria Magelang aktivitas merokok masih bisa ditemui di kalangan mahasiswa. Hal ini  perlu untuk dicarikan penyelesaiannya. Penelitian ini memiliki tujuan Dapat merancang dan membangun Augmented Reality Kampanye Bahaya Merokok yang diaplikasikan di smartphone dengan OS Androidâ€. Penelitian ini menggunakan metode perancangan dan pengembangan perangkat lunak MDLC. Enam tahapan yang dimikili MDLC antara lain : concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Augmented Reality Kampanye Bahaya Merokok yang telah dibuat dapat menampilkan gambar 3d dampak rokok bagi tubuh manusia, menampilkan kandungan rokok dan menampilkan informasi bahaya rokok bagi tubuh manusia. Hasil Pengujian kuesioner  aplikasi ini menunjukkan 70% responden menyatakan bahwa aplikasi ini  layak. Hal ini membuat mereka sadar akan bahaya rokok.


Kata Kunci:
Android, Augmented Reality, Bahaya rokok, Media , Unity.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[D. M. Harun, Tembakau Ancaman Global. Elex Media Komputindo, 2013.

J. S. Kim and K. S. Hong, “A recursive camera resectioning technique for off-line video-based augmented reality,†Pattern Recognit. Lett., vol. 28, no. 7, pp. 842–853, 2007.

R. Krempien et al., “Projector-Based Augmented Reality for Intuitive Intraoperative Guidance in Image-Guided 3D Interstitial Brachytherapy,†Int. J. Radiat. Oncol. Biol. Phys., vol. 70, no. 3, pp. 944–952, 2008.

S. L. Rahayu, Fujiati, and R. Dewi, “Educational Games as A learning media of Character Education by Using Multimedia Development Life Cycle (MDLC),†2018 6th Int. Conf. Cyber IT Serv. Manag. CITSM 2018, no. Citsm, pp. 1–4, 2019.

B.-Y. Shih, C.-Y. Chen, and Z.-S. Chen, “Performing Ergonomics Analyses through Virtual Interactive Design: Validity and Reliability Assessment,†Hum. Factors Ergon. Manuf., vol. 16, no. 1, pp. 61–81, 2006.

H. P. Yao et al., “Identification of the proteome of the midgut of silkworm, Bombyx mori L., by multidimensional liquid chromatography (MDLC) LTQ-Orbitrap MS,†Biosci. Rep., vol. 29, no. 6, pp. 363–373, 2009.

U. Muhayat, W. Wahyudi, H. Wibawanto, and W. Hardyanto, “Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterior,†Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 39–48, 2017.

K. A. Rasinski, G. B. Willis, A. K. Baldwin, W. Yeh, and L. Lee, “Methods of Data Collection, Perceptions of Risks and Losses, and Motivation to Give Truthful Answers to Sensitive Survey Questions,†Appl. Cogn. Psychol., vol. 13, no. 5, pp. 465–484, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.55635/jic.v6i1.115

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Indexed by :

Jurnal Ilmiah IT Cida: Diseminasi Teknologi Informasi

ISSN 2477-8125 (online) | ISSN 2477-8133 (print)
Published by : STMIK Amikom Surakarta
Jl Veteran Notosuman Singopuran Kartasura Sukoharjo 57164 Telp./Fax 0271-7851507
Email: itcida@amikomsolo.ac.id




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.