Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Bimbingan Belajar Pada Lembaga Pendidikan Primagama Manahan – Surakarta

Nina Dewi Lashwaty, Ina Sholihah Widiati

Sari


Beratnya beban pelajaran dan banyaknya jenis ujian yang harus dilalui oleh para siswa di Indonesia berdampak pada munculnya berbagai perusahaan jasa bimbingan belajar. Penelitian ini difokuskan pada Lembaga Pendidikan Primagama  Manahan – Surakarta. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih bimbingan belajar pada Lembaga Pendidikan Primagama Manahan-Surakarta.  Ada beberapa faktor yang akan dianalisis dalam penelitian ini, yaitu : mutu pendidikan, jenis layanan yang ditawarkan, harga jual, sistem pembayaran, pengaruh kawan, dan kekuatan brand, serta untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih bimbingan belajar pada Lembaga pendidikan Primagama Manahan-Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif ekonometrik. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2018. Adapun populasi penelitian adalah semua siswa Lembaga Pendidikan Primagama Manahan yang berjumlah 200 (dua ratus) orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh/sensus, di mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengujian hipotesis menggunakan Analis Regresi Linier Berganda, Uji t, dan Analisis Koefisien Determinasi (R2).  Berdasarkan koefisien regresi dan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan mutu pendidikan, jenis layanan yang ditawarkan,  harga jual, sistem pembayaran, pengaruh kawan, dan kekuatan brand terhadap pengambilan keputusan memilih teruji. Perhitungan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,895 dapat diartikan bahwa determinasi variabel mutu pendidikan, jenis layanan yang ditawarkan, harga jual, sistem pembayaran, pengaruh kawan, dan kekuatan brand dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih bimbingan belajar pada Lembaga Pendidikan Primagama Manahan – Surakarta sebesar 89,5%. Sisanya sebesar 10,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model.

 

Kata Kunci          : Mutu, Jenis Layanan, Harga, Sistem pembayaran, Pengaruh kawan, Brand,  Pengambilan Keputusan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bisri, Slamet Riyadi, Metodologi Penelitian Bisnis, PPs UNIBA, Surakarta, 2008.

Daft, Richard L. dialihbahasakan Diana Angelica, Management (Manajemen), Edisi 6, Buku 2, Penerbit Salemba Empat, 2006.

Kotler, Philip. dialihbahasakan Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusli , Marketing Management (Manajemen Pemasaran), Edisi Indonesia, Buku 1, Prenhallindo, 1997.

Kotler, Philip. dialihbahasakan Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusli , Marketing Management (Manajemen Pemasaran), Edisi Indonesia, Buku 2, Prenhallindo, 1998.

Nusakawan, Arwyn W., dkk, Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam Penggunaan Layanan Kesehatan Pada Wilayah Kerja Puskesmas Tawiri, Media Ilmu Kesehatan Vo.6, No.2, Agustus 2017.

Purwanti, Endang, Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih STIE “AMA” Salatiga, Among Makarti Vol.8 No.16, Desember 2015.

Rohmat, Zaini, Metodologi Penelitian – Pendekatan Kuantitatif, Edisi Pertama, UNIBA Press, Surakarta, Januari 2008.

Setiaji, Bambang, Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif, Cetakan Kedua, Muhammadiyah University Press, Surakarta, Desember 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesepuluh, CV. Alfabeta, Bandung, 2007.

Sunadji, Siti Rahayu Binarsih, Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Islam Batik University Press, Surakarta, Mei 2007.

Terry George R., dialihbahasakan Winardi, Asas-Asas Manajemen, Edisi Kedelapan, Penerbit Alumni, Bandung, 1986.

Wahana Komputer, 10 Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS 14, Edisi IV, CV. Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.