Analisis Faktor-Faktor Layanan Kampus Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Mahasiswa Mahasiswi Dalam Melaksanakan Studi di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Cipta Darma Surakarta (STMIK CDS)

Nina Dewi Lashwaty, Hadis Turmudi, M. Nur Juniadi

Sari


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Cipta Darma Surakarta (STMIK CDS) yang menjadi tempat penelitian merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor layanan kampus yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa mahasiswi dalam melaksanakan studi di STMIK CDS. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitaif ekonometrik. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan Koefisien Regresi diketahui bahwa faktor-faktor layanan kampus yang dicerminkan oleh variabel dosen, karyawan, dan sarana-prasarana mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan mahasiswa mahasiswi  dalam melaksanakan studi di STMIK CDS. Sementara dari Uji t diketahui bahwa faktor layanan kampus berupa variabel sarana-prasarana  dan variabel karyawan secara parsial mempengaruhi kepuasan mahasiswa mahasiswi dalam melaksanakan studi di STMIK CDS dengan urutan seperti yang telah dituliskan, sementara variabel dosen tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa mahasiswi. Dari Uji F didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan faktor-faktor layanan kampus yang terdiri dari dosen, karyawan, dan sarana-prasarana secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa mahasiswi dalam melaksanakan studi di kampus STMIK CDS.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Stategi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999.

Handoko, T.Hani, Manajemen, Cetakan Keduapuluh Dua, BPFE-Yogyakarta, Desember 2011.

Kotler, Philip. dialihbahasakan Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusli, Marketing Management (Manajemen Pemasaran), Edisi Indonesia, Buku 1, Prenhallindo, 1997.

Lashwaty, Nina Dewi dan Ina Sholihah W., Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Bimbingan Belajar Pada Lembaga Pendidikan Primagama Manahan – Surakarta, Ekacida Vol.3, No.1, Maret 2018.

Lashwaty, Nina Dewi dan Ina Sholihah W., Pengaruh Usia, Jenis Pekerjaan, Kompensasi, Kesempatan Pengembangan Karier, Dan Lingkungan Kerja Psikologis Terhadap Kepuasan Kerja Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Primagama Manahan – Solo, Ekacida Vol.3, No.2, September 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesepuluh, CV. Alfabeta, Bandung, 2007.

Sunadji, Siti Rahayu Binarsih, Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Islam Batik University Press, Surakarta, Mei 2007.

Terry George R., dialihbahasakan Winardi, Asas-Asas Manajemen, Edisi Kedelapan, Penerbit Alumni, Bandung, 1986.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.