Analisis Media Promosi Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Baru Pada Tahun Akademik 2018/2019 Dalam Memilih Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Cipta Darma Surakarta (STMIK CDS) Sebagai Tempat Kuliah

Nina Dewi Lashwaty, Hadis Turmudi, Purwatiningsih Purwatiningsih

Sari


Sangat banyak Perguruan Tinggi Swasta baru bermunculan yang mengangkat keunggulan di bidangĀ  masing-masing, salah satunya adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Cipta Darma Surakarta (STMIK CDS) yang menawarkan keunggulan di bidang multimedia. Dengan banyaknya pilihan yang dihadapi para lulusan SMA dan SMK, maka penelitian ini difokuskan pada analisis media promosi yang mempengaruhi keputusan mahasiswa baru pada tahun akademik 2018/2019 dalam memilih STMIK CDS sebagai tempat kuliah.

Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, dan Uji F. Berdasarkan Koefisien Regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sosialisasi di sekolah / ekspo pendidikan, pembagian brosur, baliho / spanduk / poster / MMT / kalender / stiker, website STMIK CDS, dan ajakan alumni / saudara / teman / Guru BK terhadap keputusan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 dalam memilih STMIK CDS sebagai tempat kuliah. Sementara dari hasil Uji t dapat diketahui bahwa satu-satunya media sosial yang secara parsial mempengaruhi keputusan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 memilih STMIK CDS sebagai tempat kuliah adalah sosialisasi di sekolah / eskpo pendidikan. Sedangkan hasil Uji F menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan atau bersama-sama sosialisasi di sekolah / ekspo pendidikan, pembagian brosur, baliho / spanduk / poster / MMT / kalender / stiker, website STMIK CDS, dan ajakan alumni / saudara / teman / Guru BK terhadap keputusan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 dalam memilih STMIK CDS sebagai tempat kuliah. Dari angka-angka hasil analisis regresi maupun Uji t dapat diketahui bahwa sosialisasi di sekolah / ekspo pendidikan merupakan variabel yang paling signifikan berpengaruh dan website STMIK CDS adalah variabel yang paling tidak signifikan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 dalam memilih STMIK CDS sebagai tempat kuliah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Handoko, T.Hani, Manajemen, Cetakan Keduapuluh Dua, BPFE-Yogyakarta, Desember 2011.

Kotler, Philip. dialihbahasakan Drs. Jaka Wasana, MSM dan Dra. Chrisanti Hasibuan S., Marketing Management analysis, planning, and control (Manajemen Pemasaran, analisis, perencanaan, dan pengendalian), Cetakan Keenam, PT Gelora Aksara Pratama, 1996.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesepuluh, CV. Alfabeta, Bandung, 2007.

Suyanto, M., Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia, Edisi 1, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

Terry George R., dialihbahasakan Winardi, Asas-Asas Manajemen, Edisi Kedelapan, Penerbit Alumni, Bandung, 1986.

Undang-Undang Perlindungan Konsumen No.8 Tahun 1999.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.